Perbedaan RAM dan ROM

Dari segi istilah, RAM dan ROM memiliki pengertian sebagai berikut ini:
• RAM ( Random Access Memory ), adalah sebuah Ruang atau memory yang berfungsi sebagai        tempat penyimpanan sementara program komputer yang sedang berjalan. RAM biasanya berisi instruksi/program khusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal. Definisi dari RAM (Random Access Memory) adalah bentuk penyimpangan data yang bisa di akses secara acak (random) setiap saat dan didalam urutan dan lokasi apapun. 
• ROM ( Read Only Memory ), adalah sebuah Ruang atau memory yang berfungsi untuk menyimpan berbagai program yang ada pada komputer tersebut. ROM biasanya menyimpan file-file seperti Musik, Film, Gambar dan file lainnya. Definisi ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang mempunyai jenis yang hanya bisa dibaca, tidak bisa diisi atau ditulisi data.
Dari pengertian diatas, sudah sangat jelas perbedaan antara RAM dan ROM. Secara Singkatnya, RAM adalah ruang yang digunakan untuk menjalankan aktifitas dari sebuah program yang dibuka pada komputer tersebut. Sedangkan ROM adalah ruang yang digunakan untuk menyimpan file yang sudah jadi seperti gambar, musik dan sebagainya. 
Perbedaan RAM dan ROM yang lain adalah jika RAM berfungsi untuk menyimpan program atau data dalam bentuk listrik, maka jika listrik yang mengalir untuk menjalankan komputer dimatikan, program dan data yang tersimpan akan hilang langsung. Hal ini berbeda sekali dengan ROM. Program atau data yang tersimpan di ROM akan tetap aman walaupun aliran listrik yang mengalir dalam komputer putus secara tiba-tiba.



0 komentar:



Posting Komentar