Persiapan Khusus Menghadapi UTS

1. Belajar Lebih Giat Lagi.

   Menjelang UTS mahasiswa harus belajar ekstra ketat. Hal ini mengingat materi pelajarannya relatif lebih banyak. Cara belajar yang dapat dilakukan oleh mahasiswa bisa dengan belajar mandiri dan atau belajar kelompok. Belajar mandiri, misalnya membaca materi kuliah sesuai dengan jadwal belajar harian. Atau membaca buku-buku yang ada diperpustakaan. Untuk mendapatkan gambaran bentuk dan materi yang keluar dalam UTS, dapat melihat soal-soal UTS tahun yang lalu. Soal-soal tersebut berfungsi sebagai latihan mengerjakan atau menjawab soal-soal UTS yang akan datang. Belajar kelompok bermanfaat untuk membahas, mendiskusikan materi pelajaran yang dianggap sulit. Melalui diskusi, mahasiswa dapat bisa saling tukar informasi, pendapat dan berbagi pengalaman.


2. Menjaga Kesehatan 

   Sehat merupakan modal utama untuk melakukan segala aktivitas termasuk belajar. Untuk itu mahasiswa hendaknya selalu menjaga kesehatan, sehingga pada saat UAN dalam kondisi fit, segar dan sehat. Jadi, walaupun materi pelajaran banyak yang harus dipelajari, jangan sampai mengabaikan / kurang memperhatikan kesehatan badan. Hendaknya cukup tidur dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Tak lupa olah raga secara teratur.


3. Mengurangi Kegiatan HIMA (Himpunan Mahasiswa)

   Untuk mahasiswa tingkat akhir, biasanya pihak kampus menghentikan kegiatan himpunan mahasiswa. Ini maksudnya supaya siswa dapat berkonsentrasi dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti UTS. Dengan mengurangi kegiatan himpunan mahasiswa akan mempunyai waktu lebih banyak untuk belajar. Selain itu mahasiswa juga dapat mengurangi kegiatan bermain, keluyuran yang kurang bermanfaat. Karena kebanyakan mahasiswa kelihatannya lebih banyak bermain/hangout daripada belajar.


4. Menenangkan Hati Dan Pikiran

   Kesiapan dalam pemahaman materi pelajaran perlu didukung oleh ketenangan hati dan pikiran. Dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih, maka masa UTS dilalui dengan riang gembira dan bersemangat ( antusias ) untuk itu apabila memiliki masalah / persoalan segeralah selesaikan dengan baik. Disamping itu, jangan banyak pikiran yang bukan-bukan. Misalnya merasa khawatir tidak lulus ujian.



5. Memupuk Rasa Percaya Diri

   Ada ungkapan, rahasia sukses adalah percaya pada diri sendiri. Lemahnya rasa percaya diri dalam menghadapi ujian akan menimbulkan rasa ragu dan was was. Akibatnya kemampuan untuk berpikir akan terganggu. Siswa hendaknya mempunyai rasa optimis dalam menghadapi UTS. “ Yakinlah Anda Bisa Maka Anda Pasti Bisa “.

6. Memperbanyak Do’a

   Manusia hanya merencanakan, Tuhanlah yang menentukan. Manusia tidak berdaya tanpa pertolonganNya. Oleh karena itu rajinlah berdo’a dan memohon kepada Allah SWT. Agar UAN dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang memuaskan. Do’a yang positif melepaskan kekuatan yang dapat digunakan untuk mencapai hasil yang positif. Do’a mengirimkan getaran dari satu orang ke orang lain dan kepada Tuhan. Mintalah kemampuan / kekuatan untuk melakukan tindakan yang terbaik serahkan hasilnya dengan percaya kepadaNya. Akhirnya, dengan niat yang tulus dan lurus, tekad yang bulat, belajar yang rajin dan berdo’a yang khusyu, Insya Allah akan berhasil dalam mengikuti UTS.


7. Datang 30 Menit Sebelum UTS Dimulai

   Dengan datang  beberapa menit sebelum ujian, maka kita akan mempunyai waktu untuk menyiapkan mental supaya lebih siap dalam menghadapi ujian.


0 komentar:



Posting Komentar